Gebyar Supporting Activity (SA)

Standard

Yup… Sekolah kita tercinta baru-baru ini menggelar hajatan besar, yaitu pelaksanaan Supporting Activity atau disingkat SA. SA merupakan kegiatan rutin tahunan yang merupakan salah satu ciri khas SDIT Ummu’l Quro Depok. Alhamdulillah, kegiatan SA ini sangat didukung oleh Yayasan dan Komite sekolah serta orang tua pada umumnya. Pada SA ini, setiap siswa kelas paralel akan menampilkan suatu kegiatan yang tidak biasa mereka lakukan ketika pembelajaran di kelas. Kegiatan tersebut harus terkait dengan materi pelajaran serta siswa-siswi dapat mempraktekkannya langsung. Selain itu SA juga merupakan salah satu wadah bagi para siswa untuk berekspresi dan berkreasi.



Pada tahun pelajaran 2010-2011 ini, seluruh kelas paralel menampilkan kreativitas mereka melalui kegiatan SA. Waktu pelaksanaan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 1 dan 2 Maret 2011. Tema yang diangkat adalah “ Entrepreneur Student to Succes”. Acara pembukaan dilakukan pada hari Selasa tanggal 1 Maret 2011. Acara dibuka oleh Dewan Yayasan Ummu’l Quro Depok.  Yuk… kita intip kegiatan masing-masing kelas mulai dari kelas paling bawah…

A.Kelas I (“Kreasi Tanah Liat”)

Pelaksanaan pada hari Selasa tanggal 1 Maret 2011. Mengangkat tema berkreasi dengan tanah liat, seluruh guru paralel kelas I mencoba memperkenalkan berbagai macam bentuk yang dapat dibuat dari tanah liat. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah mewarnai celengan tanah liat berbagai macam bentuk seperti ayam, ikan, kucing, dan katak. Kegiatan tersebut dilakukan sepekan sebelum hari H.

Kegiatan utama pada hari H adalah seluruh siswa-siswi berkreasi membentuk satu buah miniatur benda dari tanah liat. Kegiatan ini dilombakan, dengan dewan juri ibu Noviyanti, ibu Wani’mah, dan pak Ian Rudianto. Aspek penilaian meliputi kemandirian, kerapian, kreativitas dan keunikan, serta kostum peserta.   Setelah seluruh siswa/i berkreasi dengan tanah liat, mereka secara berkelompok tampil di panggung memceritakan kreasi mereka dengan berbagai macam gaya, ada yang berpuisi, dialog drama, ada juga yang bernyanyi. Alhamdulillah, para penonton yang sebagian besar orangtua murid sangat menikmati tampilan mereka.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai penutup, diumumkan pemenang lomba kreasi tanah liat.

Kategori terunik

Juara 1 : M.Aqsho kelas 1C

Juara 2 : M. Harits ar Rasyid kelas 1B

Juara 3 : Nanang Dwi S.kelas 1A

Kategori Terindah

Juara 1 : Nadiya Afaaf kelass 1B

Juara 2 : Shifa Haliza kelas 1C

Juara 3 : Rogayah Hasan kelas 1A

Kategori Terapih

Juara 1 : Rizqy Ardianto kelas 1C

Juara 2 : M. Rasyid Naufal kelas 1A

Juara 3 : Nabila Thalal M. kelas 1B

B.  Kelas II (“Kreasi Unik Berbahan Dasar Daur Ulang Plastik”)

Pelaksanaan SA kelas II dilakukan dua hari. Pada hari Selasa tanggal 1 Maret 2011, seluruh siswa/i mengikuti  lomba kreasi aneka bentuk dari bahan daur ulang plastik. Luar biasa kreasi mereka, dengan dibantu oleh guru kelas II, mereka berkreasi membuat tempat pensil dari botol bekas, tempat lilin, kap lampu, hiasan dinding, bingkai foto, aneka mainan yang kesemuanya berbahan dasar daur ulang plastik dan kardus bekas.

Pelaksanaan hari kedua, hari Rabu 2 Maret 2011, seluruh siswa/I secara berkelompok mempresentasikan hasik karya mereka di panggung di depan pengunjung yang sebagian besar adalah orangtua murid.

C. Kelas III (“Sale for Share”)

Pelaksanaan pada hari Selasa 1 Maret 2011. Tema yang diangkat oleh kelas III adalah Sale for Share. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dua jenis pasar. Sebagai pasar modern dibuat UQ Mart yang menjual aneka macam barang khas supermarket. Ada juga pasar tradisional UQ Jaya, yang juga menjual aneka macam barang khas pasar tradisional dengan lapak-lapaknya. Ada yang menjual aneka sayur dan buah, bumbu dapur, telur, jajanan pasar, ikan asin, pedagang asongan, dan tukang kresek. Seluruh siswa berperan dalam kegiatan ini ada yang menjadi pedagang lapak, pegawai toko, kasir,  bagian keamanan pasar, pedagang kresek, pedagang asongan, maupun sebagai pembeli.

 

 

 

 

Nilai plus dari kegiatan ini adalah seluruh keuntungan akan disumbangkan untuk kegiatan sosial pada akhir tahun pelajaran. Alhamdulillah seluruh barang terjual habis laris manis. Dengan total keuntungan mencapai Rp 300.000.

D. Kelas IV(“Be Creative be Entrepreneur be Succes”)

Tema yang diangkat oleh kelas IV pada SA kali ini adalah Be Creative be Entrepreneur be Succes. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi siswa untuk selalu mengasah kreativitas mereka, juga untuk melatih dan menanamkan jiwa wirausaha sedini mungkin, sebagai bekal bagi kehidupan di masa mendatang.

Pelaksanaan SA pada hari Rabu 2 Maret 2011, tetapi kegiatan pra SA sudah dimulai sejak  2 pekan sebelumnya. Seluruh siswa kelas IV dibagi menjadi 10 kelompok. Mereka berkreasi  membuat aneka macam  benda dari kain felt/flannel. Ada yang membuat gantungan kunci/HP, boneka, hiasan pensil, tempat tisu, sajadah, hiasan kamar, dan banyak lagi deh. Serunya kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh siswa putri saja, siswa putrapun sangat antusias ikut menggunting dan menjahit aneka souvenir tersebut. Sebelum hari H sudah ada sekitar 30-40 kreasi setiap kelompoknya.

Setelah proses pembuatan selesai, seluruh siswa mendapat pengarahan dari guru mengenai teknik pengemasan/packing, promosidan pemasaran. Penampilan mereka juga akan dinilai oleh dewan juri sebelum nantinya menjual aneka kreasi mereka kepada khalayak pengunjung.

Pada hari H, seluruh kelompok sudah siap di stand masing-masing. Mereka diminta mempresentasikan cara pembuatan hasil karya sekaligus mempromosikan dengan cara yang unik. Ada yang memberi hadiah jika membeli 2 barang, ada juga mempromosikan beli satu gratis satu. Wah.. ternyata siswa/i kelas IV berbakat untuk menjadi pengusaha sukses. Buktinya hasil karya mereka habis terjual.

Alhamdulillah hasil pendapatan seluruh kelompok mencapai angka Rp 980.000. sebuah angka yang cukup fantastis. Rencananya sebagian dari keuntungan tersebut akan disumbangkan untuk kegiatan sosial di akhir tahun pelajaran ini. Semoga segala kerja keras dan pengorbanan mereka mendapatkan banyak keberkahan dari Allah Swt. Amiin

E. Kelas V (“5 Berkreasi Selamatkan Bumi”)

Pelaksanaannya pada hari Rabu tanggal 2 Maret 2011.  Kelas 5 mengangkat tema “5 Berkreasi Selamatkan Bumi”. Kegiatan pra SA dimulai 2 pekan sebelumnya. Siswa/i kelas V membuat kerajinan dari bahan daur ulang seperti botol air mineral, sedotan, karton bekas undangan, bungkus kopi dan lain-lain. Hasilnya barang-barang tersebut disulap menjadi tempat pensil dari botol,  bunga dari sedotan, keranjang dari bungkus kopi, tudung saji, notes, bingkai foto, dll.

Pada hari H, siswa/i kelas V menjual hasil karya mereka kepada pengunjung yang sebagian besar orangtua murid dan adik kelas mereka. Dengan modal Rp 200.000, mereka mampu meraih kuntungan hingga hampir Rp 500.000.  Selain memamerkan hasil karya dan menjualnya, kegiatan SA diisi dengan atraksi percobaan sains yang cukup menyedot perhatian pengunjung, diantaranya atraksi percobaan gunung meletus, roket air, uji vitamin C, meniup balon dengan soda kue, balon anti meletus, dan lilin yang butuh oksigen.

F. Kelas VI(“Table Manner”)

Pelaksanaannya pada hari Selasa, 1 Maret 2011. Mengangkat tema Table Manner. Setiap siswa diharapkan mampu mengenal kriteria makanan sehat dan memenuhi komposisi gizi seimbang. Selain itu mereka dapat mandiri dalam menyiapkan dan menata meja makan sesuai dengan aturan. Kegiatan ini berupa lomba yang dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 5-6 siswa.

Sebelum pelaksanaan lomba, kegiatan diawali  acara olahraga bersama yang diisi dengan aneka permainan ketangkasan dan kelompok. Setelah itu acara motivasi bersama Pak Wafa Hassim sebagai pemberi materi. Materi yang disampaikan mengangkat tema “Around the World” . Alhamdulillah semua peserta sangat antusias mengikutinya.

Luar biasa, banyak pelajaran yang diambil dari kegiatan ini. Mereka yang biasanya tinggal menyantap makanan tanpa harus menata, sekarang harus mempersiapkannya dari awal. Bagaimana meletakkan piring, gelas, sendok makan dan garpu, menata hidangan nasi beserta lauk-pauknya harus mereka kuasai. Ada juga dari mereka yang belum terampil memotong pudding, sehingga hasilnya kurang bagus. Alhasil orangtua murid yang ikut mengamati dari luar kelas menjadi gemes dan geregetan.

Saat penjurian, seluruh peserta harus menjelaskan hidangan yang mereka sajikan. Tim juri terdiri dari perwakilan Komite Ibu Hayati, dari Klinik UQ ibu drg. Suci, Guru SBK ibu Noviyanti dan dari TIM VI ibu Rukoyah. Penilaian meliputi komposisi zat gizi, penyajian, kreativitas, cita rasa, dan performance kelompok.

Pemenang lomba ini yaitu kelompok Wong Deso dengan ketua kelompok Miqdad Al ghiffary dari kelas 6C. juara kedua kelompok Kabayan dengan ketua kelompok Afifah”Uni” Adila dari Kelas 6A, dan juara ketiga Kelompok Eropa dengan ketua kelompok M. Daffa Fadhilah dari kelas 6B.

Akhirnya kami berharap, semoga pada tahun-tahun mendatang seluruh guru dapat lebih berkreasi menampilkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan mampu menambah khazanah wawasan dan pengetahuan seluruh siswa-siswi. Sehingga konsep learning by doing dapat terus dilakukan. Sukses untuk seluruh panitia, peserta dan pendukung kegiatan ini.

5 responses »

  1. Alhamdulillah…. semua dpt berjln sesuai rencana, jazakallah khoiron katsir … kpd dwn yys,slrh teman2 panitia dn ortu.

  2. acaranya keren dan baguus!. seluruh rekan-rekan guru, ayo terus berkreasi!, ditunggu kreativitasnya untuk kegiatan yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s